Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Luhut Luncurkan Gerakan Indonesia Bersih dari Sampah Plastik

Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan luncurkan Gerakan Indonesia Bersih di kawasan CFD Bundaran HI, Jakarta. Image : Gatra.com Neti...

Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan luncurkan Gerakan Indonesia Bersih di kawasan CFD Bundaran HI, Jakarta. Image : Gatra.com

Netizen Indonesia -
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan lakukan peluncuran Gerakan Indonesia Bersih. Peluncuran di lakukan di kawasan CFD Bundaran HI, Jakarta.

Gerakan itu pertama kalinya dikenalkan kepada publik sebagai bentuk ajakan kepada seluruh lapisan masyarakat Indonesia agar setiap individu dapat bergerak bersama untuk lebih peduli mengurangi produksi sampah dan mengelola sampah harian mereka dengan baik.

Ia juga mengatakan, menjadi salah satu negara kepulauan terbesar, Indonesia memiliki banyak potensi sumber daya kelautan dan perikanan termasuk potensi wisata yang sudah menjadi tujuan wisata dunia. Indonesia juga berhadapan dengan masalah sampah plastik yang sudah mencemari laut dan berdampak merusak ekosistem laut.

Melihat kondisi tersebut, sudah seharusnya seluruh lapisan masyarakat menyadari dampak dari penggunaan plastik yang dipakai sehari-hari dan bertindak.

Ia juga menjelaskan bahaya dan dampak dari pencemaran sungai dan laut oleh sampah plastik, yakni bisa mencair jadi micro plastik dan micro plastic dimakan ikan, ikan itu makan manusia, kalau laki-laki bisa kena kanker, sedangkan ibu yang masih produktif berdampak ke bayinya.

Sudah banyak program yang dilakukan oleh pemerintah dalam hal penanganan masalah sampah ini, misalnya penyediaan fasilitas seperti TPS 3R (recycle, reuse, reduce), Sanitasi Total Berbasis Masyarakat, program Waste to Energy (PLTS), Instalasi Pengolahan Air Limbah,  Sistem Pengolahan Sampah Refuse Derived Fuel ataupun Gerakan Industri Hijau.

Mau Kuliah dengan Beasiswa? Klik Disini

Penulis : Handayani
Sumber : Liputan6.com

Reponsive Ads