Prospek Lulusan Jurusan Pendidikan Agama Islam UHAMKA

Prospek Lulusan Jurusan Pendidikan Agama Islam UHAMKA

Jumat, 04 Januari 2019, 10.07

Netizen - Siapa bilang lulusan jurusan Pendidikan Agama Islam UHAMKA tidak berpotensi? Lulusan jurusan ini berprospek cerah bila tahu caranya. Banyak Dibutuhkan Sebagai Tenaga Pendidik Lulusan jurusan Pendidikan Agama Islam sering dipandang sebelah mata. Padahal, lulusan jurusan ini sangatlah dibutuhkan mulai dari tingkat Sekolah Dasar hingga Universitas. Bahkan Indonesia saat ini tengah kekurangan tenaga pengajar Agama Islam hingga 198.000 orang.

Untuk guru SD setidaknya hingga saat ini masih kekurangan sekitar 3 ribuan orang. Untuk SMP masih kekurangan sekitar 2 ribuan orang. Sedangkan untuk SMA dan SMK masih kekurangan sekitar 3 ribuan orang. Belum lagi jumlah guru pendidikan agama Islam yang dibutuhkan untuk madrasah mulai dari tingkat dasar hingga tingkat Madrasah Aliyah. Sebagai lulusan Pendidikan Agama Islam, Anda berpeluang untuk menjadi tenaga pendidik atau kepala sekolah.

Lulusan jurusan Pendidikan Agama Islam dari UHAMKA difokuskan pada pembelajaran agama Islam dengan menitikberatkan pada mutu. Selain menjadi tenaga pendidik, Anda juga berpeluang untuk menjadi peneliti pendidikan Islam. Anda bisa melakukan suatu kajian dan penelitian dari ilmu pendidikan Islam yang Anda peroleh. Penelitian yang dilakukan pun bisa disesuaikan dengan perkembangan zaman yang berlaku saat ini sehingga bermanfaat untuk masyarakat luas.

Tak hanya menjadi tenaga pendidik setingkat SD hingga SMA, lulusan Pendidikan Agama Islam dari UHAMKA juga berpeluang untuk menjadi dosen. Hal ini tentu berlaku bagi Anda yang memiliki panggilan menjadi tenaga pendidik dan mampu menjadi ahli di bidangnya. Tentunya untuk menjadi dosen Anda harus melanjutkan pendidikan minimal ke jenjang S2.

Lulusan pendidikan agama Islam juga berpeluang untuk menjadi pebisnis. Anda berkesempatan untuk menjadi penulis buku, novel maupun bisnis produksi barang-barang kerohanian. Anda bisa menjalankan bisnis ini sebagai pekerjaan sambilan di samping menjadi tenaga pengajar. Bisnis yang berkaitan dengan pengetahuan agama Islam ini belum banyak dilirik orang sehingga masih memiliki potensi cukup besar. Jadi, siapa bilang lulusan Pendidikan Agama Islam UHAMKA tidak bisa sukses? Anda pun bisa mencapai potensi maksimal Anda sebagai penyebar ilmu pengetahuan agama Islam.

Mau Beasiswa ? Klik Disini

image : fai.uhamka.ac.id

TerPopuler