Yudi Candra : Kemajuan Teknologi dan Revolusi Industri 4.0 Menjadi Ancaman Bagi Indonesia

Yudi Candra : Kemajuan Teknologi dan Revolusi Industri 4.0 Menjadi Ancaman Bagi Indonesia

Kamis, 21 Maret 2019, 19.04
Ilustrasi Robot. Image : Cnnindonesia.com

Netizen Indonesia - Pengamat Ekonomi Digital, Yudi Candra menjelaskan, kemajuan teknologi dan revolusi industri 4.0 akan menjadi ancaman bagi Indonesia. Pasalnya, pemanfaatan robot bisa dilakukan dalam segala aspek kegiatan industri, sehingga mengakibatkan peningkatan pengangguran di Indonesia.


Menurut Yudi, pada tahun 2020, seluruh dunia akan masuk pada robotika canggih, termasuk Indonesia. Sedangkan, di Indonesia ada sekitar 7 juta pengangguran di Indonesia, jika semua industri sudah menggunakan robot, pasti akan ada kenaikan yang cukup besar pada tingkat pengangguran.

Oleh karena itu, sangat penting bagi pemerintah untuk segera mengantisipasi revolusi robotik pada industri nasional. Jika hal tersebut tidak diantisipasi, akan menjadi sumber masalah Indonesia di masa depan.

Ditambah, pada tahun 2020-2045, Indonesia akan mengalami bonus demografi, dimana penambahan penduduk sesuai dengan data Badan Pusat Statistik (BPS), ada sekitar 4 juta per tahunnya. Jika tidak ada peningkatan keterampilan pada generasi muda, maka bukan lagi generasi emas yang akan lahir tetapi pengangguran yang terus meningkat.

Yudi menambahkan, SDM Indonesia juga masih harus bersaing dengan Tenaga Kerja Asing (TKA). Hal tersebut karena, banyaknya SDM lokal yang belum mampu menjalankan mesin atau robot yang sudah mulai masuk ke Indonesia.

Mau Kuliah dengan Beasiswa? Klik Disini

Penulis : Handayani
Sumber : Merdeka.com

TerPopuler