Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Kemenristekdikti Keluarkan 6 Aturan Baru SBMPTN 2019

Kemenristekdikti Keluarkan 6 Aturan Baru SBMPTN 2019 Berita24 - Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) ke...

Kemenristekdikti Keluarkan 6 Aturan Baru SBMPTN 2019 Kemenristekdikti Keluarkan 6 Aturan Baru SBMPTN 2019

Berita24 - Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) keluarkan kebijakan baru dalam menghadapi SBMPTN 2019. Muhammad Nasir, salah satu menterinya menyebutkan bahwa ada beberapa peraturan baru yang berbeda dari tahun - tahun sebelumnya, yaitu sistem tes sebelum mendaftar ke PTN.

Kebijakan tersebut dibuat atas dasar perkembangan yang sudah di era digital, maka diperlukan proses seleksi yang mengacu pada prinsip adil, transparan, fleksibel, efisien, dan akuntabel.

1. Dibentuknya Institusi LTMPT
LTMPT adalah Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi. Lembaga inilah yang nantinya akan menyelenggarakan tes UTBK (Ujian Tertulis Berbasis Komputer) yanh menjadi proses seleksi SBMPTN. Lembaga ini pula yang menyeleksi data calon mahasiswa yang mendaftar SBMPTN 2019.

2. Daftar Tes, Baru Pilih PTN
Proses SBMPTN 2019 adalah mengikuti Tes yang di selenggarakan LTMPT terlebih dahulu, lalu mendapatkan hasil tes, dan hasil tes tersebut lah yang dijadikan syarat mendaftar PTN. Berbeda dengan tahun - tahun sebelumnya yang mendaftar SBMPTN dengan langsung memilih Fakultas & PTN.

3. Model Tes UTBK
SBMPTN 2019 menggunakan model tes UTBK yaitu Ujian Tes Berbasis Komputer. Tes SBMPTN berbentuk cetak sudah ditiadakan.

4. Dua Materi Tes dengan Soal HOTS
Seperti sebelumnya ada 2 jenis tes dalam SBMPTN, yaitu TKA (Tes Kompetensi Akademik) dan TPS ( Tes Potensi Skolastik), yang berbeda adalah soal - soalnya akan menggunakan soal HOTS (High Order Thinking Skill) yaitu soal dengan kemampuan analisa tinggi.

5. Peserta SBMPTN 2019 Boleh Ikut Tes 2 Kali
Kebijakan dari SBMPTN 2019 adalah peserta tes boleh melakukan UTBK sebanyak dua kali dan bisa memilih hasil yang mana yang lebih tinggi untuk mendaftar di PTN yang mereka inginkan.

6. UTBK diselenggarakan 24 kali
UTBK akan dilaksanakan sebanyak 24 kali dalam setahun, dalam waktu 12 hari di hari sabtu dan minggu.
Pelaksanaan SBMPTN serentak dilakukan di Maret 2019 pukul 08.00 dan 13.00 waktu setempat. Pola seleksi masuk PTN masih menggunakan tiga jalur dengan daya tampung SNMPTN minimal 20%, SBMPTN minimal 40% dan Seleksi Mandiri maksimal 30% dari kuota masing - masing prodi PTN.

Mau dapat beasiswa S1 sampai lulus? Yukkk cek DISINI

Penulis : Icha RF
Sumber : edukasi.kompas.com
Image : detik.com

Reponsive Ads