Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Pramuka! Inilah Isi Dasa Darma dan Hymne-nya

Jakarta - Hari ini (14/8/2019) jadi hari peringatan Hari Praja Muda Karana (Pramuka). Organisasi yang berlambangkan tunas kelapa ini merayak...


Jakarta - Hari ini (14/8/2019) jadi hari peringatan Hari Praja Muda Karana (Pramuka). Organisasi yang berlambangkan tunas kelapa ini merayakan hari jadinya yang ke-58. Sudah tahu isi dasa darma dan hymne pramuka?

Peresmian Pramuka sendiri dilakukan pada 14 Agustus 1961, bersamaan dengan memperkenalkan Pramuka kepada masyarakat Indonesia sebagai organisasi gabungan dari beberapa organisasi pemuda di Indonesia, yang saat itu diikuti sekitar 10.000 anggota Pramuka.

Setiap anggota Pramuka pastinya mengetahui tentang Dasa Darma Pramuka dan Hymne Pramuka yang sering diserukan pada HUT Pramuka 2019 dan acara kegiatan Pramuka.

Yuk, simak pengertian Dasa Darma dan Hymne Pramuka.

Dasa Darma

Dasa Darma terdiri dari dua kata berupa kata Dasa dalam bahasa Jawa artinya sepuluh dan kata Darma dalam bahasa Sansakerta artinya perbuatan terpuji atau mulia.

Dasa Darma Pramuka artinya sepuluh kebajikan yang menjadi pedoman bagi Pramuka dalam bertingkah laku sehari-hari. Kenyataannya banyak tokoh penting di Indonesia, seperti Ganjar Pranowo yang mendukung untuk mengamalkam Dasa Darma ini pada generasi muda loh Detikers, gunanya untuk menumbhkan rasa cinta tanah air Indonesia terhadap diri sendiri.

Sejak 1961, Dasa Darma telah mengalami perubahan hingga sekarang. Rumusan Dasa Darma sudah diamandemen hingga empat kali dan terakhir dirumuskan pada 1978.

Berikut ini bunyi-bunyi Dasa Darma Pramuka 1-10 :

Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia
Patriot yang sopan dan ksatria
Patuh dan suka bermusyawarah
Rela menolong dan tabah
Rajin, terampil dan gembira
Hemat, cermat dan bersahaja
Disiplin, berani dan setia
Bertanggungjawab dan dapat dipercaya
Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan

Itulah bunyi dari pengamalan dasa darma yang masih berlaku hingga sekarang. Tiap anggota Pramuka sendiri memiliki cara khusus untuk menghafalkan dasa darma dengan menggunakan jembatan keledai. Jembatan keledai adalah akronim dari awal kata pada tiap dasa darma; takwa, cinta, patriot, patuh, rela, rajin, hemat, disiplin, bertanggung jawab, suci (ta, ci, pa, pa, re, ra, he, di, be, su).

Menariknya, kamu juga bisa menghafalkan penjabaran Dasa Darma Pramuka dalam bahasa Inggris:
Believe in God almighty
Preserve nature and love each other
Be an affable and knightly patriot
Be obediant and collegial
Help others with compliance and resilience
Be dilligent, skilled and cheerful
Be provident and simple
Exercise discipline, be brave and faithful
Be accountable and trusthworthy
Have purity in mind, word and act.

Hymne Pramuka

Hymne Pramuka merupakan lagu yang dikumandangkan di setiap kegiatan peringatan HUT Pramuka. Sosok Husein Mutahar bertanggung jawab dalam pembuatan lagu hymne ini yang diciptakan pada tahun 1964.

Husein Mutahar sendiri merupakan seorang komponis musik Indonesia dan tokoh yang aktif dalam kegiatan Pramuka. Berikut ini syair dari Husein Mutahar yang menarik dalam Hymne Pramuka:

Kami Pramuka Indonesia
Manusia Pancasila
Satya ku kudarmakan
Darma ku kubaktikan
Agar jaya Indonesia
Indonesia tanah airku
Kami jadi Pandumu...

Nah, Detikers semoga saja dengan adanya Dasa Darma dan Hymne Pramuka dalam tiap kegiatan Pramuka mampu untuk membentuk karakter bangsa yang unggul pada generasi penerus di masa mendatang ya.


Virus-free. www.avast.com

Reponsive Ads