Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UHAMKA Selenggarakan GUEST LECTURE: CONTEMPORARY ISSUES IN MEDIA STUDIES

Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UHAMKA Selenggarakan GUEST LECTURE: CONTEMPORARY ISSUES IN MEDIA STUDIES

Kamis, 09 Mei 2019, 15.34
Guest Lecture: Contemporary Issues In Media Studies


Netizen Indonesia - Persoalan persoalan yang muncul dalam kehidupan masyarakat merupakan persoalan bersama dimana setiap individu semestinya berupaya memahami persoalan tersebut dan didukung dengan pemahaman terhadap kebijakan yang berlaku bagi public.

Salah satu persoalan besar yang tumbuh di tengah masyarakat adalah perkembangan teknologi komunikasi dan informasi di era digital yang telah membawa perubahan besar di masyarakat, salah satunya dalam bidang komunikasi yaitu media.

Merespon isu perkembangan teknologi komunikasi ini, Program Studi Ilmu Komunikasi  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (UHAMKA) menyelenggarakan GUEST LECTURE dengan tema CONTEMPORARY ISSUES IN MEDIA STUDIES pada Kamis 3 Mei 2019 di Aula Lt. 4 UHAMKA Limau, Jakarta Selatan. Acara di laksanakan pukul 08.30 sampai 11.00 WIB dengan menghadirkan Pembicara Tamu yakni Prof. Madeleine Danova (UHAMKA Visiting Professor from Sofia University St Kliment Ohridski, Bulgaria_ Under Erasmus+ Programme). Acara ini dihadiri oleh lebih dari 100 peserta yang terdiri dari dosen dan mahasiswa.

Acara ini dibuka oleh Dekan FISIP UHAMKA Said Romadlan, S.Sos., M.Si. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa topik Guest Lecture ini sangat menarik dan tentunya beberapa isu terkait media studies dapat dielaborasi dalam diskusi tersebut. 

Prof. Madeleine Danova menyampaikan materinya tentang  New Information Technology dikaitkan dengan konsekuensi postif dan negatif dari budaya dan komersial yakni informasi dapat tersedia secara global, telecommuting, pembajakan (piracy), fragmentasi sosial, serta  rich information dan poor information

Di masa modern (kontemporer) ditandai dengan munculnya kehidupan masyarakat yang menjadikan media massa dan budaya poupuler sebagai hal penting dalam kehidupan mereka. Karena hal tersebut merupakan kekuatan sebuah lembaga dan juga bisa mengontrol dan membentuk seluruh jenis hubungan sosial yang ada di masyarakat.

Penandaan-penandaan budaya populer dan citra media semakin meningkat. Hal ini menjadi landasan untuk menyadarkan diri terhadap dunia nyata dan bagaimana caranya kita bisa menjelaskan tentang diri kita terhadap dunia di sekeliling kita dan bagaimana kita membangun sikap di era post modern ini mencoba memahami dengan penuh tentang kehidupan masyarakat media saat ini. Pemahaman ini kemudian memunculkan adanya upaya untuk mewujudkan masyarakat yang literate terhadap informasi dan media.



TerPopuler