Begini Manfaat Serta Keunggulan Bus Listrik Transjakarta

Begini Manfaat Serta Keunggulan Bus Listrik Transjakarta

Minggu, 05 Mei 2019, 13.04
Bus listrik Transjakarta. Image : Suara.com

Netizen Indonesia -
PT Transjakarta secara resmi memperkenalkan bus listrik ke masyarakat di Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) pada Minggu (5/5) di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat.

Direktur Utama PT Transjakarta, Agung Wicaksono menjelaskan, untuk biaya operasional bus listrik sendiri akan sebanding dengan kendaraan seperti Transjakarta pada umumnya. Meski secara pembelian kendaraan ini lebih besar. Akan tetapi, ia memastikan biaya operasional akan di patok murah.

Agung menjelaskan sebagai tahap awal bus listrik ini nantinya akan diuji coba untuk dua koridor, yakni rute Blok M - Kota dan rute Ragunan - Dukuh Atas.

Menurut Agung, untuk tahap uji coba sendiri pihaknya masih mengkaji apakah nanti akan digratiskan atau dikenakan biaya. Semua tergantung uji cobanya, jika di monas pra uji sebagai bus wisata nanti akan di gratiskan. Akan tetapi, untuk jalur selain monas akan dihitung lagi.

Agung mengatakan beberapa manfaat dan keunggulan beroperasinya bus listrik di Jakarta. Selain ramah lingkungan, kendaraan ini juga mampu membawa angin segar bagi warga Jakarta. Tak hanya itu, beroperasinya bus listrik ini juga akan mendorong perkembangan di sektor industri otomotif.

Bagi Indonesia, bus listrik ini menjadi kesempatan besar apabila mau mengembangkan kendaraan listrik. Akan tetapi, industri kendaraan listrik ini harus dibangun dengan proses yang panjang.

Mau Kuliah dengan Beasiswa? Klik Disini

Penulis : Handayani
Sumber : Merdeka.com

TerPopuler