Kepercayaan Investor Asing Semakin Meningkat Terhadap Perekonomian

Kepercayaan Investor Asing Semakin Meningkat Terhadap Perekonomian

Jumat, 08 Maret 2019, 20.59
www.uhamka.ac.id/reg
www.uhamka.ac.id/reg
Lembaran uang dolar AS. Image : Tribunnews.com

Netizen Indonesia - Bank Indonesia (BI) menyebutkan hingga 6 Maret 2019 aliran modal asing yang masuk mencapai Rp 59,9 triliun. Hal tersebut yang membuat kepercayaan investor asing semakin meningkat.

Padahal menurut data BI, pada bulan Februari 2019 aliran modal asing yang masuk mencapai Rp 63 triliun, terdiri dari Rp 49,5 triliun SBN, Rp 12,6 triliun saham dan Rp 1,4 triliun sertifikat Bank Indonesia (SBI) artinya terjadi aliran modal keluar hingga Rp 3,1 triliun.

Menurut Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, aliran modal asing tersebut terdiri dari surat berharga negara (SBN) Rp 50 triliun dan saham Rp 10,5 triliun, sehingga aliran modal asing yang masuk hingga 6 Maret ini lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Perry juga menambahkan, derasnya aliran modal asing yang masuk mencerminkan kepercayaan asing terhadap perekonomian domestik juga akan terus meningkat, tekanan yang terjadi pada rupiah lebih disebabkan oleh perekonomian AS yang membaik sehingga dolar AS menguat terhadap seluruh mata uang negara lain, termasuk Indonesia.

Mau Kuliah dengan Beasiswa? Klik Disini

Penulis : Handayani
Sumber : Detik.com

TerPopuler