Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Inggris Berduka, Ratu Elizabeth Meninggal Dunia di Usia 96 Tahun

  Inggris Berduka, Ratu Elizabeth Meninggal Dunia di Usia 96 Tahun Netizen.co.id- Ratu Elizabeth II , pemimpin yang memimpin terlama di Ingg...

 Inggris Berduka, Ratu Elizabeth Meninggal Dunia di Usia 96 Tahun

Netizen.co.id- Ratu Elizabeth II, pemimpin yang memimpin terlama di Inggris, meninggal dengan tenang di kediamannya di Kastil Balmoral, Skotlandia pada Kamis (09/09) dalam usia 96 tahun.


Pangeran Charles berkomentar, "Meninggalnya ibuku yang terkasih, Yang Mulia Ratu, adalah masa kesedihan yang mendalam."



"Kehilangannya akan dirasakan oleh banyak orang di seluruh dunia," kata Pangeran Charles berusia 73 tahun itu.



Dokter menyampaikan ratu berada di bawah pengawasan medis tepat setelah tengah hari pada hari Kamis, menyebabkan keluarganya bergegas ke Kastil Balmoral di Skotlandia.



Bendera pun diturunkan menjadi setengah tiang, banyak yang berkumpul di luar Istana Buckingham di London. Massa melonjak ke gerbang saat pemberitahuan yang menyatakan kematian satu-satunya raja yang paling dikenal orang Inggris dilampirkan.



Para pejabat mengatakan Pangeran Charles III dan istrinya Camilla, Permaisuri, akan tinggal di Balmoral sebelum kembali ke London pada hari Jumat.


Pangeran Charles kini resmi menjadi penguasa Inggris dan 14 negara lain, termasuk Australia, Kanada, dan Selandia Baru, setelah wafatnya sang Ratu Elizabeth II, dilansir dari Reuters pada Jumat (09/09/2022).



Sang ratu mengalami "masalah mobilitas episodik" sejak tahun lalu, menyebabkan dia menarik diri dari hampir semua urusan publik.



Pada hari Selasa, Ratu mengangkat Truss sebagai perdana menteri ke-15 di masa pemerintahannya. Para pemimpin dunia mengirim belasungkawa ke Inggris setelah mendengar berita itu.


"Warisannya akan sangat besar dalam sejarah Inggris dan dunia," tutur Presiden AS Biden. Dia memesan setengah staf di Gedung Putih.


Di Paris, walikota mengatakan lampu Menara Eiffel akan dimatikan; di Brasil, Kristus Sang Penebus diterangi dengan Union Jack dan pemerintah mengumumkan tiga hari duka; dan Majelis Umum PBB dan Dewan Keamanan sama-sama terdiam sejenak.



Bahkan Presiden Rusia Vladimir Putin, yang hubungan negaranya dengan Inggris memburuk akibat krisis Ukraina, menyatakan simpati.



Ratu Elizabeth II adalah kepala negara tertua dan terlama di dunia.Dia dinobatkan sebagai Ratu pada bulan Juni. Penobatan televisi pertama meramalkan pengawasan media terhadap gaya hidup bangsawan.


Elizabeth adalah pemimpin ke-40 dalam garis yang dimulai dengan William Sang Penakluk, yang memenangkan tahta Inggris di Hastings pada tahun 1066.



Pemerintahannya yang diperpanjang memecahkan rekor Inggris. Ketika dia melampaui 63 tahun pemerintahan Ratu Victoria, dia menyatakan itu bukan tonggak yang dia tuju.



"Hidup panjang memiliki banyak tonggak sejarah; saya tidak terkecuali," katanya.



Pernikahannya dengan Pangeran Philip berlangsung selama 73 tahun; mereka memiliki empat anak, Charles, Anne, Andrew, dan Edward. Sebagian besar rakyatnya menghormati dan mengaguminya. Kematiannya menutup periode pemerintahannya di Inggris.






( Gambar: Twitter @RoyalFamily )





Tags: ratu elizabeth 2, ratu elizabeth ke indonesia, ratu elizabeth waktu muda

Reponsive Ads