Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Mantan wakil presiden Iran membunuh istrinya, pengakuannya disiarkan di TV sambil minum teh bersama polisi

"Cara berpikirnya telah membuatnya mati," kata Mohammad Ali Najafi, mantan wakil presiden Iran dan wali kota Teheran tentang alasa...



"Cara berpikirnya telah membuatnya mati," kata Mohammad Ali Najafi, mantan wakil presiden Iran dan wali kota Teheran tentang alasannya membunuh istrinya.

Najafi meminta cerai dan istrinya menolak. Lalu ia menembak istrinya, Mitra Ostad, lima kali. Dua peluru mengenai Ostad dan satu menembus jantungnya.

Najafi lalu menyerahkan diri. Di kantor polisi ia disambut kamera televisi yang merekam beberapa babak yang dramatis.

Breaking news

https://twitter.com/ksadjadpour/status/1133485416257077249

TV pemerintah Iran, IRIB, merekam Najafi saat berjalan memasuki kantor polisi, dan seluruh peristiwa ini ditampilkan sebagai "breaking news" yang menimbulkan debat mengenai keadilan di Iran.

Polisi tampak membungkuk menghormatinya dengan tangan di dada serta memberi salam pada Najafi dengan hormat.

Ia kemudian difilmkan dalam keadaan duduk, bercakap dengan polisi sambil terlihat minum teh di latar belakang sementara reporter melaporkan rincian kasus ini melalui kamera ke pemirsa.

https://twitter.com/mehrnews_fa/status/1133432980100325376

Kontroversi
Najafi diperlakukan amat sopan, memunculkan perbandingan dengan perlakukan terhadap warga biasa yang melakukan kekeliruan kecil seperti tak berpuasa di depan umum atau tidak memakai jilbab, misalnya.

Padahal Najafi saat itu akan membuat pengakuan bahwa ia membunuh istrinya.

Adegan ini bahkan dibandingkan dengan adegan film Se7en saat Kevin Spacey masuk ke kantor polisi bersimbah darah.

https://twitter.com/AhmadrezaKzmi/status/1133477367299674113

Namun pertanyaannya justru: kenapa kamera mendapat akses langsung ke tersangka dan barang bukti? Jawabannya politis.

Najafi, politikus reformis, memiliki kedekatan dengan Presiden Rouhani sampai ia dipaksa mundur dari posisi wali kota Teheran sesudah politikus garis keras mengkritiknya karena menghadiri acara Hari Perempuan Dunia di sebuah sekolah di mana para perempuan menari—sesuatu yang dianggap "tidak Islami".

Potret perempuan Iran, sebelum dan sesudah Revolusi Islam 1979
Iran melarang pelajaran bahasa Inggris di SD
'Kamu harus kalah', pegulat Iran yang diminta kalah untuk hindari atlet Israel
Najafi sudah lama menjadi target politikus garis keras, dan stasiun penyiaran milik pemerintah IRIB menjalin hubungan erat dengan mereka.

Namun kenapa ia membunuh istrinya?

Poligami dan perceraian
"Saya hanya ingin menakutinya. Saya minta cerai, tapi ia menolak. Saya salah," kata Najafi kepada petugas penyidik. Mitra Ostad, 35 tahun, adalah istri kedua Najafi.

Poligami legal di Iran, tetapi pernikahan kedua Najafi ini dianggap skandal oleh kaum reformis karena hal ini tak lazim bagi kaum terdidik. Najafi sendiri adalah akademisi dan lulusan universitas top di Amerika, MIT.

Najafi mundur dari posisi wali kota lantaran kritik terhadap poligaminya ini.

Pengakuan
Video Najafi di kantor polisi diikuti keesokan paginya oleh rekaman pengakuan–yang juga dibuat oleh IRIB–di mana ia mengaku membunuh istrinya sesudah sempat berkelahi.

https://twitter.com/Entekhab_News/status/1133461968419983360

Di video itu, Najafi berkata ia punya masalah panjang dalam pernikahannya dengan Ostad dan ini terus meningkat.

"Saya kehilangan ketenangan. Saya ambil senjata, dan ia ke kamar mandi. Saya ikuti. Sebetulnya hanya untuk membuat ia takut. Saya perlihatkan senjata itu dan berkata: kamu mau akhiri percakapan ini atau tidak? Ia panik dan, bisa dibilang sempat bergelut dengan saya. Ia melemparkan diri ke saya, dan senjata itu menyambutnya."

Iran larang drone pribadi mengudara di Teheran
Serangan senjata mematikan di parade militer Iran
Najafi terus menjelaskan bahwa ia meminta cerai baik-baik tapi Ostad menolak. Najafi bahkan menawarkan membayar 1.362 koin emas untuk meninggalkan Ostad—sebagaimana disepakati dalam pernikahan mereka.

Ujung-ujungnya, Najafi berkata bahwa sikap keras kepala Ostad menyebabkan kematiannya.

Penanganan polisi
Namun hal teraneh adalah akses reporter IRIB terhadap senjata yang diduga digunakan untuk membunuh.

https://twitter.com/shadisadr/status/1133490622969651202

"Oke, ini adalah senjata Colt yang digunakan Najafi untuk membunuh istri keduanya. Tadinya ada 13 peluru di dalamnya. [Sambil menghitung sisa peluru] Satu, dua, tiga, empat,... delapan! Ia telah menembakkan lima peluru. Dua mengenai istrinya dan tiga mengenai dinding," kata si reporter.

Aktivis hak asasi manusia Shadi Sadr mengutuk kegagalan mempertahankan integritas penyelidikan kriminal ini.

"Saya pernah membela kasus pembunuhan sebelumnya. Senjata yang dipakai membunuh tak bisa diberikan kepada siapapun selain disegel, apalagi ke orang yang tak berhubungan sama sekali dengan kasus (misalnya wartawan). Bahkan untuk standar Iran sekalipun, penyelidikan pidana seperti ini bisa dianggap sebagai lelucon."

Kuliah Beasiswa...?? Klik Disini

Gambar : TribunNews.com
Sumber : TribunNews.com

Reponsive Ads