Makan Sahur Sambil Nonton Bola, Hati-hati Kenaikan Berat Badan Mengintai

Makan Sahur Sambil Nonton Bola, Hati-hati Kenaikan Berat Badan Mengintai

Kamis, 09 Mei 2019, 11.00


Laga semifinal Liga Champions bertepatan dengan jam orang-orang untuk melakukan sahur. Bagi sebagian orang jadi 'aji mumpung' sahur ditemani dengan nonton bola.

Tapi hati-hati, menurut sebuah penelitian yang terbit dalam American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan makan sambil melakukan hal lain, seperti menonton televisi dapat mendorong seseorang untuk makan lebih banyak.

Hal ini disebabkan oleh otak akan mengirimkan sinyal 'kenyang' 20 menit setelah mulai makan. Namun karena perhatiannya terganggu saat makan sambil menonton televisi, otak menjadi lebih lambat mengirimkan sinyal itu.

Menurut penelitian makan sambil menonton televisi tidak membantu membakar kalori, melainkan mengurangi laju metabolisme tubuh sehingga tidak cukup menghasilkan energi.

Makan sambil nonton televisi juga bisa menghambat rasa kepuasan dalam salah satu kegiatan, misalnya tidak puas dengan makanan yang sudah dimakan sehingga mencari makanan lain. Maka dari itu melakukan beberapa kegiatan atau multitasking saat makan dapat meningkatkan berat badan seseorang. 

Kuliah Beasiswa...?? Klik Disini

Gambar :  health.detik.com
Sumber :  health.detik.com

TerPopuler