Kubu Prabowo dan Jokowi Berikan Catatan Penyelenggaraan Pemilu di Jabar

Kubu Prabowo dan Jokowi Berikan Catatan Penyelenggaraan Pemilu di Jabar

Selasa, 14 Mei 2019, 05.10
Ilustrasi Penyelenggaraan Pemilu. Image : Republika.co.id

Netizen Indonesia -
KPU Jawa Barat telah menyelesaikan rekapitulasi suara di Pilpres 2019. Hasilnya, Prabowo-Sandi unggul telak dari Jokowi-Ma'ruf. Prabowo-Sandi menang di 21 Kabupten Kota dengan total raihan suara sebanyak 16.077.446, sedangkan enam daerah lainnya berhasil dikuasai Jokowi-Ma'ruf dengan total suara sebanyak 10.750.568.

Kubu Prabowo dan Jokowi berikan catatan terhadap penyelenggaraan pemilu di tanah pasundan tersebut. Masih ada beberapa hal yang harus diperbaiki dari sisi teknis.

Menurut Sekretaris BPP Prabowo-Sandi Jabar, Haru Suandharu, pelaksanaan pemilu khususnya di Pilpres Jawa Barat tak keluar dari prinsip jujur dan adil, transparan dan demokratis.

Namun, ada beberapa catatan yang menjadi evaluasi bersama, khususnya bagi para penyelenggara, yaitu Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)  Jabar. Seperti terkait pemahaman saksi di KPPS yang beragama dan belum berpengalaman sehingga dalam proses pemungutan suara dan perhitungan suara mengalami kendala.

Masalah distribusi surat suara di beberapa tempat yang kekurangan dengan jumlah signifikan sehingga pemungutan suara di mulai tak tepat waktu. Lalu soal netralitas penyelenggara negara dan pemilu di tingkat KPPS, PPK, KPUD hingga Panwaslu.

Mau Kuliah dengan Beasiswa? Klik Disini

Penulis : Handayani
Sumber : Merdeka.com

TerPopuler