Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Ketika Ustaz Abdul Somad Bertanya ke Kapolri Soal Penangkapan, Respon Tito Karnavian Jadi Perhatian

Video tanya jawab antara Ustaz Abdul Somad dengan Kapolri Jenderal Tito Karnavian menjadi perhatian khalayak. Tanya jawab yang berlangsung p...



Video tanya jawab antara Ustaz Abdul Somad dengan Kapolri Jenderal Tito Karnavian menjadi perhatian khalayak.

Tanya jawab yang berlangsung pada tahun lalu, yakni 4 Maret 2018 itu kembali dipublikasikan karena viral di media sosial.

Video tersebut viral karena pada tanya jawab antara Ustaz Abdul Somad dan Tito Karnavian yang jadi sorotan netizen.

Beberapa netizen menganggap tayangan tersebut cocok dengan kondisi Indonesia saat ini.

Sebab, pada sesi tanya jawab itu, Ustaz Abdul Somad menyelipkan pertanyaan yang kerap masuk kepadanya.

Ia pun kembali menanyakan hal itu kepada Tito Karnavian karena kebetulan sedang bertemu.

Hal yang ditanyakan itu yakni soal hukum di Indonesia yang kerap dianggap tebang pilih oleh sebagian orang.

Dilansir dari Youtube Talkshow tvOne, Selasa (14/5/2019), pada acara Damai Indonesiaku itu, ada pula Ustaz Arifin Ilham.

Tito Karnavian yang duduk sejajar dengan Ustaz Abdul Somad dan Ustaz Arifin Ilham itu pun mengajukan pertanyaan.

"Mungkin pertanyaan saya agak sedikit umum, kita melihat bahwa ada beberapa negara yang penduduknya muslim, ini terjadi gejolak seperti di Syiria, kemudian di Afghanistan, di Irak, di Yaman, bahkan ada beberapa lain mungkin di Mesir tempat Pak Ustaz pernah sekolah juga ada gejolak yang sama. Yang ironis bagi kita adalah konflik itu terjadi antara muslim dengan muslim lainnya. Negara Indonesia inilah negara yang sangat besar, dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia," ujarnya mengawali tanya jawab tersebut.

Lalu, Tito Karnavian menyebutkan pertanyaannya soal cara mencegah adanya kemungkinan konflik di Tanah Air.

"Apakah kemungkinan konflik seperti Syiria, di Irak, Afghanistan, bisa terjadi di Indonesia? Kalau mungkin terjadi, bagaimana kita bisa mencegahnya? Dan bagaimana kira-kira, khususnya bagi kepolisian bisa mengatasinya dalam mencegah itu," tanyanya.

Mendengar pertanyaan tersebut, Ustaz Abdul Somad mengawalinya dengan mengatakan kalau apapun bisa saja terjadi, termasuk konflik di Indonesia.

Untuk itu, menurutnya solusi yang dilakukan untuk mencegahnya yakni klarifikasi.

"Maka dalam Al Quran dikatakan : Kalau datang orang bawa suatu berita, klarifikasi, oleh sebab itu yang selalu membuat kita tidak baik adalah komunikasi yang tidak baik," katanya.

Kemudian, Ustaz Abdul Somad juga menceritakan soal isu antara dirinya dengan Ustaz Arifin Ilham.

"Alhamdulillah kita bisa duduk bersama dalam satu majelis, antara saya dengan Ustaz Arifin Ilham tidak boleh ada yang merusak hubungan kami. Ketika ada isu menyampaikan ke saya 'Ustaz Somad, Ustaz Arifin Ilham ngatain ustaz, katanya untuk apa ustaz penakut gak berani istri dua," kata Ustaz Abdul Somad.

Mendengar cerita itu, Ustaz Arifin Ilham pun tampak tertunduk lalu tertawa dan mengusap-usap bahu Ustaz Abdul Somad.

"Tentu saya klarifikasi, saya langsung datang, 'apa benar ustaz mengatakan demikian?' kata Ustaz Arifin Ilham : memang benar," ujarnya kemudian disambut tawa seluruh jamaah.

Ustaz Abdul Somad kemudian menghubungkan itu dengan kondisi yang terjadi di Tanah Air.

Untuk menghindari konflik, perlu ada cara untuk memadamkannya, yakni dengan cara klarifikasi.

"Kedua, kepastian hukum tentang yang tidak pasti dipastikan, banyak WA kepada saya yang minta supaya langsung tanya ke bapak, ustaz somad tolong tanyakan, kenapa es lilin ditangkap, es kobar nggak," katanya di depan Tito Karnavian.

Mendengar pertanyaan itu, tampak Tito Karnavian tertawa.

"Ini tidak bisa saya jawab, saya katakan. Ini musti ada dari mabes menjelaskan, dan kalau itu dijelaskan dengan seksama, saya kira apa yang terjadi di sana, ada pihak ketiga yang merusak hubungan, apalagi kita, di samping kita adalah islam, di samping itu juga kita budaya timur," jelas Ustaz Abdul Somad.

Hal itu pun diamini Tito Karnavian dengan anggukan kepala.

"Insya Allah kalau kita pelihara, azab tidak akan datang kalau Muhammad ada di tengah kalian, dan musibah itu tidak akan ada selama kita beristighfar, dan setiap hari setiap hari," tutup Ustaz Abdul Somad. (*)

Kuliah Beasiswa...?? Klik Disini

Gambar : TribunnewsBogor.com
Sumber : TribunnewsBogor.com

Reponsive Ads