Kampus Dituntut Persiapkan Diri Hadapi Tantangan Industri 4.0

Kampus Dituntut Persiapkan Diri Hadapi Tantangan Industri 4.0

Sabtu, 04 Mei 2019, 00.26

Industri 4.0. Image : Marketeers.com

Netizen Indonesia -
Industri 4.0 mendorong setiap orang untuk lebih kompetitif agar tak tertinggal oleh teknologi. Sebagai institusi yang mencetak sumber daya berkualitas, kampus pun di tuntut untuk mempersiapkan diri menghadapi tantangan itu.

Partner & Managing Director Indonesia YCP Solidance Getvasius Patar Haryowibowo menjelaskan, kampus tak hanya harus perkuat kurikulum akan tetapi juga jaringan dan keahlian soft skill.

Menurut data yang di peroleh dari World Economic Forum tentang Future of Jobs Project yang di sampaikan Patar, terjadi perubahan kebutuhan skill di dunia kerja. Dalam 5 periode  dari tahun 2015-2020, kreativitas menjadi salah satu syarat skill yang lebih prioritas di masa depan ketimbang tahun 2015 lalu.

Menurutnya, kemampuan antara lulusan sekolah vokasi dengan universitas juga terjadi perbedaan yang harus dikurangi. Dari lulusan kampus masih kurang memiliki soft skill, sedangkan dari lulusan vokasi kurang menguasai operasional produk dan bisnis.

Sementara menanggapi tantangan itu, Ketua Yayasan Pendidikan President University Prof.Dr. Ir. Budi Susilo Soepandji mengatakan, pihaknya akan mengakumulasikan kekuatan akademik internal, bekerja sama dengan luar negeri serta memanfaatkan kapasitas infrastruktur di President University. Bukan hanya fasilitas namun juga sumber daya manusianya.

Mau Kuliah dengan Beasiswa? Klik Disini

Penulis : Handayani
Sumber : Detik.com

TerPopuler