Ini Faktor Lain Pemicu Banyaknya KPPS yang Meninggal Dunia

Ini Faktor Lain Pemicu Banyaknya KPPS yang Meninggal Dunia

Selasa, 14 Mei 2019, 14.22
Sekretaris Jenderal Kemenkes, Oscar Primadi. Image : Pontianakpos.co.id

Netizen Indonesia -
Kemeterian Kesehatan (Kemenkes) menemukan faktor utama penyebab banyaknya petugas Kelompok Pengawal Pemungutan Suara (KPPS) meninggal usai menggelar Pemilu pada 17 April bukanlah kelelahan. Kelelahan itu yang memicu penyakit bawaan menjadi semakin parah.

Sekretaris Jenderal Kemenkes, Oscar Primadi mengatakan, hingga saat ini, kemenkes telah menerima laporan dari 17 provinsi yang menunjukkan bahwa meninggalnya petugas Pemilu bukan karena kelelahan, melainkan kelelahan menjadi pemicu penyakit yang diidap oleh petugas menjadi semakin parah.

Oscar pun mencontohkan seorang petugas KPPS yang meninggal yang telah mengidap penyakit jantung sejak lama. Seharusnya, seseorang dengan faktor risiko penyakit ini tak boleh terlalu lelah.

Akan tetapi, petugas dituntut untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan tepat sesuai tahapan perhitungan suara. Menurutnya, inilah yang berdampak pada jantungnya.

Oscar juga menjelaskan, ada 13 penyakit, yang paling mendominasi yakni, jantung, infarct myocard (serangan jantung), koma hepatikum, stroke, dan hipertensi. Penyakit itu yang memang di sisi angka Riskesdas 2018 menjadi penyakit yang paling banyak diderita masyarakat.

Oscar menyebutkan, tak hanya penyakit, tingkat polusi, misalnya asap rokok di TPS juga dapat memicu penyakit yang diidap sebelumnya menjadi semakin parah.

Mau Kuliah dengan Beasiswa? Klik Disini

Penulis : Handayani
Sumber : Cnnindonesia.com

TerPopuler