Urusan Firza Husein ke Yusril, Bukan Habib Rizieq

Urusan Firza Husein ke Yusril, Bukan Habib Rizieq

Jumat, 05 April 2019, 11.27


Nama Firza Husein kembali muncul di tengah perseteruan Yusril Ihza Mahendra dan Habib Rizieq Shihab. Firza menegaskan urusannya ke Yusril tak ada kaitannya dengan Imam Besar FPI itu.

Awal mula nama Firza mengemuka ketika ada sanggahan Habib Rizieq terhadap pernyataan Yusril mengenai kutipan 'Keislaman Prabowo tidak jelas'. Kemudian, isu itu disambar oleh Ketua Bidang Pemenangan Partai Bulan Bintang (PBB) Sukmo Harsono yang menduga ada faktor Firza Husein dalam pernyataan Habib Rizieq.

Sukmo mengatakan muncul asumsi bervariasi di masyarakat mengenai pernyataan Habib Rizieq itu. Salah satu asumsi yang beredar, menurut Sukmo, adalah mengenai Firza Husein yang akhir-akhir ini menjadi klien Yusril.

"Pertanyaannya ya mengapa video pada November 2018, baru dijawab dan dikomentari akhir-akhir ini," tutur Ketua Bidang Pemenangan Partai Bulan Bintang (PBB) Sukmo Harsono dalam konferensi pers di Hotel Cipta Pancoran, Jaksel, Rabu (3/4/2019).

"Di antaranya Prof Yusril sudah menerima kuasa dari saudari Firza Husain. Sebagaimana diketahui, Firza ini sedang ada masalah hukum," kata Sukmo.

Video sanggahan Habib Rizieq sendiri diunggah di kanal YouTube Front TV pada 1 April 2019. Dalam video itu, Habib Rizieq menyanggah pernyataan Yusril dalam video yang dipublikasikan pada November 2018 mengenai keislaman Prabowo. Dalam video pada November silam, Yusril menyatakan Habib Rizieq sendiri mengakui bahwa keislaman Prabowo tidak jelas. Jarak waktu di antara kedua video ini dipersoalkan oleh PBB.

Sukmo mengatakan, ibunda Firza telah meminta Yusril membantu Firza menyelesaikan persoalan ini.

"Ibunya, yang merupakan keluarga besar PBB, meminta Prof Yusril menyelesaikan kasus FZ. Tentunya sangat wajar apabila klien dan pengacara ya menyampaikan banyak hal," kata Sukmo.

Firza Husein angkat bicara soal penunjukan Yusril menjadi pengacaranya. Dia menegaskan penunjukan Yusril sebagai pengacaranya murni karena kasus hukum, tidak ada kaitannya dengan Habib Rizieq.

"Hubungan saya dengan Pak Yusril murni karena persoalan hukum, karena kasus hukum, jangan dikaitkan ke mana-mana," kata Firza kepada detikcom, Rabu (4/4/2019).

Dari penuturan Firza, permintaan agar Yusril menjadi pengacaranya terjadi pada 2 minggu lalu. Senada dengan pernyataan Sukmo, permintaan ini juga dilakukan oleh ibunda Firza terkait kasus dugaan makar yang dia alami.

"Jadi ini atas permintaan saya langsung dan keluarga, terutama ibu saya. Ibu saya itu juga kader Partai Bulan Bintang (PBB), jadi ada hubungan emosional, dan Pak Yusril bersedia untuk menjadi pengacara saya, membantu saya," katanya.

Masuknya Yusril sebagai kuasa hukum ditegaskan Firza tak berhubungan dengan Habib Rizieq. Dia tak ingin namanya diseret ke konflik politik.

Dia juga menambahkan, saat ini dirinya tengah sibuk melakukan dakwah. 

"Saya ini bukan orang politik, tolong jangan bawa-bawa lagi nama saya dalam konflik politik. Saya sekarang fokus ingin berdakwah saja. Biar saya melakukan dakwah saya dengan tenang," katanya.

"Jangan dikait-kaitkan ke Habib Rizieq. Tidak ada hubungannya. Ini murni karena persoalan hukum, untuk persoalan kasus makar yang dituduhkan ke saya," katanya.

"Intinya saya ingin kedua belah pihak hubungannya baik. Bangsa ini sedang menghadapi pesta demokrasi, saya ingin suasananya damai, tenang, dan umat tetap bersatu," imbuhnya.

Kuliah Beasiswa..?? Klik Disini

Gambar : Detik.com
Sumber : Detik.com

TerPopuler