Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Syarat Awal Dirikan Sebuah Bank di Indonesia

Ilustrasi Bank. Image : Moneycontrol.com Netizen Indonesia - Bank menjadi salah satu fasilitas sentral dalam perekonomian suatu negara. ...

Ilustrasi Bank. Image : Moneycontrol.com

Netizen Indonesia -
Bank menjadi salah satu fasilitas sentral dalam perekonomian suatu negara. Bank adalah sebuah lembaga keuangan yang penting dalam suatu negara. Bank memiliki wewenang untuk menerima simpanan uang, meminjamkan uang, serta menerbitkan pendanaan. Oleh sebab itu banyak bank yang didirikan.

Menurut peraturan Bank Indonesia No. 2 tahun 2000 Tentang Bank Umum, sebuah bank dalam pendiriannya harus mengantongi izin Dewan Gubernur Bank Indonesia.

Terdapat dalam pasal 3, izin tersebut terdiri dari dua tahapan, pertama yakni persetujuan prinsip, didalamnya diatur persetujuan untuk melakukan persiapan pendirian Bank. Setelah itu, yang kedua yaitu izin usaha atau badan usaha untuk Bank.

Selain izin-izin tersebut, pendirian bank harus menyetorkan dana sebesar Rp 3 triliun sebagai modal awal bagi bank.

Pasal selanjutnya menjelaskan bahwa bank umum di Indonesia hanya boleh didirikan oleh warga negara Indonesia baik pribadi maupun badan usaha. Dalam pendirian bank umum pun diizinkan untuk melakukan mitra bersama pihak asing baik perseorangan maupun badan usaha.

Mau Kuliah dengan Beaskswa? Klik Disini

Penulis : Handayani
Sumber : Detik.com

Reponsive Ads