Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Alami Dilema

Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi. Image : Pinterpolitik.com   Netizen Indonesia - Pertumbuhan ekonomi Indonesia dihadapkan pada dilema. Men...

Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi. Image : Pinterpolitik.com 

Netizen Indonesia -
Pertumbuhan ekonomi Indonesia dihadapkan pada dilema. Menurut data Badan Statistik (BPS) terakhir menunjukkan, perekonomian Indonesia tumbuh sebesar 5,17 persen pada tahun 2018.

Ekonom Senior Institute for Development of Economic and Finance (Indef) M Nawir Messi menjelaskan, kondisi ketahanan ekonomi yang membuat Indonesia harus berhadapan dengan dilema ketika akan menggenjot pertumbuhan ekonomi.

Nawir mengatakan, siapapun rezim yang akan menyetir perekonomian Indonesia tahun ini dan tahun depan akan dihadapkan pada dilema.

Karena, pertumbuhan ekonomi Indonesia sebagian besar didorong oleh aliran modal, kemudian disusul oleh produktivitas, perkembangan IT dan tenaga kerja.

Nawir menjelaskan, sebanyak 60 persen dari pertumbuhan ekonomi Indonesia di dorong oleh aliran arus modal. Angka tersebut sangat tinggi jika dibandingkan dengan Korea Selatan atau Jepang yang porsi aliran modal yang hanya sebesar 40 persen.

Mau Kuliah dengan Beasiswa? Klik Disini

Penulis : Handayani
Sumber : Kompas.com

Reponsive Ads