JK : Tak Mudah Tentukan Lokasi Ibu Kota, Harus Penuhi 10 Syarat

JK : Tak Mudah Tentukan Lokasi Ibu Kota, Harus Penuhi 10 Syarat

Selasa, 30 April 2019, 16.44
www.uhamka.ac.id/reg
www.uhamka.ac.id/reg
Wakil Presiden Jusuf Kalla. Image : Inikatasulsel.com

Netizen Indonesia -
Wakil Presiden Jusuf Kalla menjelaskan, tak mudah menentukan lokasi yang akan dijadikan ibu kota Pemerintahan menggantikan Jakarta. Hal itu karena, lokasi yang dipilih menjadi ibu kota harus memenuhi 10 syarat pemindahan ibu kota.

Menurutnya, lokasi yang dipilih sebagai ibu kota Pemerintahan, yakni harus berada di tengah Indonesia, penduduknya harus mempunyai budaya toleransi yang baik, akan tetapi memiliki risiko kebencanaan yg kecil baik gempa bumi, gunung berapi, maupun tsunami. Selain itu, lokasi yang akan dipilih harus memiliki lahan luas yang siap minimal 60 ribu hektar.

Oleh sebab itu, pemerintah masih mematangkan tahap studi dan belum memutuskan lokasi tempat pemindahan ibu kota. Butuh riset yang detail antara Badan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan lembaga ahli lainnya untuk memutuskan lokasi pemindahan.

Saat ditanya kemungkinan lokasi berada di Sulawesi, seperti usulan JK dalam rapat Senin (29/4). Menurutnya, Sulawesi memenuhi salah satu syarat yakni berada ditengah-tengah Indonesia. Akan tetapi, lokasi yang diusulkan tak memenuhi syarat lainnya yakni terkait kesiapan lahan dan bebas dari risiko kebencanaan.

JK pun menambahkan, wilayah yang berada di wilayah cincin api dan rawan bencana, sudah tak masuk dalam kriteria untuk lokasi pemindahan ibu kota.

Mau Kuliah dengan Beasiswa? Klik Disini

Penulis : Handayani
Sumber : Republika.co.id

TerPopuler