Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Ibu Kota Baru, Jokowi: Wapres Usulkan Mamuju

Soal Lokasi  Hal itu diungkapkannya usai memutuskan bahwa pemindahan ibu kota harus ke luar Pulau Jawa. Pilihan tersebut diambil dari tiga a...



Soal Lokasi  Hal itu diungkapkannya usai memutuskan bahwa pemindahan ibu kota harus ke luar Pulau Jawa. Pilihan tersebut diambil dari tiga alternatif hasil kajian Bappenas.

"Pak Wapres silakan, tadi bisik-bisik mengusulkan Mamuju," kata Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (29/4/2019).

Awalnya, Presiden Jokowi menjelaskan mengenai alasan diputuskannya ibu kota Indonesia harus pindah ke luar Pulau Jawa. Menurut dia, banyak aspek yang mendasari keputusan tersebut. Seperti, banjir, kemacetan, dan perekonomian Indonesia.

"Ini kita bicara bukan hanya Jakarta, tapi berbicara mengenai Pulau Jawa. Data yang saya terima penduduk di Jawa sudah 57% dari total penduduk kita. Di Sumatera 21%, di Kalimantan 6%, nah ini masih 6%, baru 6%. Sulawesi 7%. Papua-Maluku 3%. Pertanyaannya, apakah di Jawa mau ditambah?" kata Jokowi.

Menurut Jokowi, tujuan dari pemindahan ibukota Indonesia agar perekonomiannya bisa tumbuh merata dan tidak lagi terfokus pada Pulau Jawa.

"Dan juga tadi sudah disampaikan juga ada pencemaran yang berat. Di Pulau Jawa, sungai besar di Pulau Jawa termasuk 10 sungai yang paling tercemar di dunia," ujar dia.

Oleh karena itu, Jokowi memutuskan untuk memindahkan ibu kota Indonesia ke luar Pulau Jawa.

Sementara itu, Wakil Presiden JK mengatakan soal wacana pemindahan ibu kota harus dipikirkan secara matang. Mulai dari yang paling mudah hingga yang paling sulit harus dipersiapkan dengan baik.

"Pertama ini jangka panjang, jadi kita merencanakan tentu yang pindah pemerintah, yang lain yang pindah. Kedua memang lokasi," ungkap JK.

Kuliah Beasiswa...?? Klik, Disini

Reponsive Ads