Tanggapan Sri Mulyani Terkait Keluhan Birokrasi di KPBU

Tanggapan Sri Mulyani Terkait Keluhan Birokrasi di KPBU

Rabu, 27 Maret 2019, 23.13
Menteri Keuangan Sri Mulyani. Image : Okezone.com

Netizen Indonesia -
Menteri Keuangan, Sri Mulyani akan mengecek pelaksanaan Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) di beberapa kementerian teknis. Rencana ini disampaikan karena adanya keluhan dari pihak swasta ihwal terkait keberpihakan pemerintah dan proses birokrasi di KPBU yang berbelit-belit.

Sri Mulyani menjelaskan, pemerintah sebenarnya sudah mulai mempercepat proses kerja sama investasi dengan swasta di KPBU, yakni dengan memberikan fasilitas penjaminan, baik BUMN seperti PT Sarana Multi Infrastruktur serta PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia.

KPBU merupakan kerja sama pemerintah dan swasta dalam menyediakan infrastruktur untuk kepentingan umum, alasannya karena, keterbatasan anggaran pemerintah untuk pembangunan infrastruktur serta pelibatan swasta dalam menentukan proyek yang layak untuk dikembangkan.

Sejumlah pelaku usaha pun kompak mengeluhkan skema ini. Salah satunya, yakni oleh Wakil Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia atau Kadin Bidang Konstruksi dan infrastruktur, Erwin Aksa mengatakan, banyak proyek infrastruktur yang sebenarnya dapat digarap oleh swasta melalui skema KPBU karena bernilai komersil, tetapi pada kenyataannya malah diprioritaskan untuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Mau Kuliah dengan Beasiswa? Klik Disini

Penulis : Handayani
Sumber : Tempo.co

TerPopuler