Tanggapan Luhut Terkait Permasalahan Sampah yang Tak Kunjung Selesai

Tanggapan Luhut Terkait Permasalahan Sampah yang Tak Kunjung Selesai

Senin, 25 Maret 2019, 23.28
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. Image : Banjarmasin.tribunnews.com

Netizen Indonesia -
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengaku, bahwa banyak permasalahan nasional yang harus diselesaikan secara bersama-sama oleh pemerintah. Salah satunya yaitu mengenai sampah yang dianggap masih menjadi persoalan serius.

Ia menjelaskan, apabila ini dilakukan secara serius maka bukan tidak mungkin persoalan ini dapat segera diatasi. Oleh sebab itu, Luhut mengajak seluruh masyarakat untuk berperan aktif dalam persoalan sampah.

Menurut Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Yusmada Faisal menjelaskan, volume sampah di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, sampah akan terus melonjak setiap tahunnya, hal tersebut terlihat dari total produksi sampah yang dihasilkan DKI Jakarta mencapai 7-8 ribu ton per harinya.

Faisal juga menambahkan, tidak kurang dari 7.000 ton sampah diangkut dari Kota Jakarta dan dilayani 1.200 truk sampah. Volume sampah diperkirakan akan terus meningkat 400 ton per tahun. Oleh karena itu, sudah saatnya harus memikirkan bagaimana mengakhiri proses pengolahan sampah di Bantargebang.

Mau Kuliah dengan Beasiswa? Klik Disini

Penulis : Handayani
Sumber : Merdeka.com

TerPopuler