Steven Purba : Rupiah Bisa Capai Rp 15.500 per Dolar AS di 2019

Steven Purba : Rupiah Bisa Capai Rp 15.500 per Dolar AS di 2019

Rabu, 06 Maret 2019, 17.15
www.uhamka.ac.id/reg
www.uhamka.ac.id/reg

Prediksi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS dapat mencapai Rp 15.500 di tahun 2019 jika situasi global maupun domestik diluar prediksi. 

Netizen Indonesia - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS diperkirakan bisa mencapai Rp 15.500 per dolar AS jika situasi global maupun domestik ada di luar prediksi. Proyeksi terburuk kurs rupiah tersebut berdasarkan analis IndoSterling Aset Manajemen (IAM).

Menurut Chief Invesment Officer IAM Fitzgerald Steven Purba, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS tersebut bisa dicapai jika situasi global semakin memanas, misalnya saja saat perang dagang yang kembali muncul hingga kebijakan Bank Sentral AS atau The Fed yang bisa saja berubah dari yang saat ini melunak atau dovish. Worst case rupiah ada di Rp 15.500 jika situasi global melenceng jauh dari prediksi market saat ini.

Tidak hanya itu, situasi politik domestik juga turut mempengaruhi pergerakan kurs. Steven mengatakan, jika dalam proses Pemilu gonjang-ganjing yang mengakibatkan sentimen negatif, maka rupiah dapat saja berada pada proyeksi terburuk tersebut.

Sementara itu, jika situasi global maupun domestik berjalan sesuai prediksi rupiah akan menguat di level Rp 13.500 per dolar AS. Sedangkan proyeksi rata-rata rupiah sepanjang tahun ini akan berada di level Rp 14.200 per dolar AS.

Mau Kuliah dengan Beasiswa? Klik Disini

Penulis : Handayani
Sumber : Kumparan.com
Image : Kompas.com

TerPopuler