Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Rencana MotoGP Indonesia: Dorna Tegaskan Sirkuit Mandalika Aman

Promotor MotoGP, Dorna, menyatakan bahwa Sirkuit Mandalika di Lombok merupakan sirkuit yang istimewa. Mandalika menurut rencana akan dipakai...



Promotor MotoGP, Dorna, menyatakan bahwa Sirkuit Mandalika di Lombok merupakan sirkuit yang istimewa. Mandalika menurut rencana akan dipakai sebagai arena pergelaran MotoGP Indonesia 2021.

Disebut istimewa karena arena tersebut merupakan sirkuit jalan raya. Belum pernah dalam sejarah bahwa sebuah ajang MotoGP digelar di sirkuit jalan raya, yang dianggap tidak memenuhi standar keselamatan ajang balap motor premium tersebut.

Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) sebagai pengelola kawasan pariwisata Mandalika, menggandeng dia konsultan sebagai perancang dan pengelola Sirkuit Mandalika, yaitu MRK1 Consulting dan RoadGrip Motorsport.

"Kami sangat sadar bahwa saat mengumumkan soal rencana MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika, bakal muncul banyak keraguan soal sirkuit jalan raya ini," ujar Mark Hughes dari MRK1 Corsulting dalam sebuah kesempatan presentasi di MotoGP Qatar dua pekan lalu.

"Kita tegaskan di sini bahwa lintasan Sirkuit Mandalika sudah disesain sesuai standard keselamatan FIM untuk MotoGP," kata Hughes lagi.

Carmelo Ezpeleta sebagai CEO Dorna juga menegaskan bahwa faktor keamanan adalah hal yang tidak boleh dikompromikan dalam pembangunan Sirkuit Mandalika.

"Rencana induk resort Mandalika sebenarnya sudah ada sebelum kami dilibatkan. Baru kemudian kami masuk setelah ITDC bersama MRK1 dan RoadGrip membahas soal lintasannya," kata Ezpeleta.

"Kami sadar bahwa tidak mungkin mengubah total desainnya, karena investasi yang sangat besar di sana. Kami bersama FIM lantas memberikan saran-saran untuk melakukan perubahan kecil terhadap rancangan sirkuit tersebut agar mendapatkan lisensi kategori A," imbuh Ezpeleta.

Baca: Persiapan MotoGP, Bypass Bandara - KEK Mandalika Dibangun

Indonesia pernah menggelar MotoGP tahun 1996 dan 1997 di Sirkuit Sentul. Namun saat ini Sentul dianggap sudah tidak memenuhi syarat untuk pergelaran balap motor tercepat di dunia tersebut.

Kuliah Beasiswa..?? Klik Disini

Gambar : Tempo.co
Sumber : Tempo.co

Reponsive Ads