Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Penetapan Muhammadiyah Terkait Awal Puasa Ramadhan dan Lebaran 2019

Ketua Umum Muhammadiyah Haedar Nashir. Image : Muslimobsession.com Netizen Indonesia - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah mengeluar...

Ketua Umum Muhammadiyah Haedar Nashir. Image : Muslimobsession.com

Netizen Indonesia - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah mengeluarkan maklumat terkait penetapan awal puasa Ramadhan dan lebaran, yakni 1 Ramadhan jatuh pada 6 Mei 2019 dan lebaran 5 Juni 2019.

Maklumat tersebut tertulis dengan nomor 01/MLM/I.0/E/2019 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijjah 1440 Hijriah. Maklumat itu ditandatangani oleh Ketua Umum Haedar Nashir dan Sekretaris Agung Danarto.

Penetapan tersebut berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal. Dengan metode itu memungkinkan masyarakat tahu sejak dini awal bulan dalam islam.

Metode hisab berbeda dengan metode ru'yatul hilal yang digunakan pemerintah, yaitu secara manual mengamati langsung penampakan awal bulan menggunakan teleskop di beberapa titik di Indonesia.

Lebaran atau 1 Syawal 1440 jatuh pada hari Rabu, 5 Juni 2019. Sedangkan, Hari Arafah jatuh pada hari Sabtu, 10 Agustus 2019,dan Idul Adha pada Minggu, 11 Agustus 2019.

Mau Kuliah dengan Beasiswa? Klik Disini

Penulis : Handayani
Sumber : Kumparan.com

Reponsive Ads