Pendapat Ahli Terkait Rencana Sandiaga untuk Liburkan Sekolah Selama Ramadhan

Pendapat Ahli Terkait Rencana Sandiaga untuk Liburkan Sekolah Selama Ramadhan

Selasa, 19 Maret 2019, 23.02
Cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno saat mengikuti debat Pilpres 2019. Image : Makasar.tribunnews.com

Netizen Indonesia - Salah satu tema yang diangkat pada debat ketiga pemilihan presiden dan wakil presiden ialah isu pendidikan. Cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno dengan Capresnya Prabowo Subianto akan menerapkan libur sekolah selama satu bulan penuh selama Ramadhan jika terpilih pada Pilpres 2019.

Alasan Cawapres menerapkan hal tersebut, yakni untuk membangun kerohanian serta keeratan dengan keluarga serta untuk membangun karakter yang kuat, karakter yang berakhlakul karimah.

Menurut pengamat pendidikan, Najeela Shihab menilai tujuan yang ingin diraih melalui program tersebut adalah hal yang baik. Tetapi, ia merasa bahwa tujuan tersebut tidak hanya dapat dinikmti manfaatnya selama bulan Ramadhan saja. Akan tetapi, hal tersebut tidak bisa di capai hanya satu bulan Ramadhan saja, tetapi terus berlanjut di bulan berikutnya.

Ia juga menambahkan, bahwa menempuh pendidikan dan menimba ilmu pengetahuan disekolah adalah salah satu bentuk dari ibadah. Oleh sebab itu, jika salah satu tujuan program tersebut diterapkan untuk membangun kerohanian, pendidikan juga tidak dapat di kesampingkan. Karena, islam mengajarkan bahwa belajar adalah bentuk dari ibadah, belajar juga sudah ikut membangun kerohanian.

Ia pun berharap, agar program tersebut dapat dikaji ulang, terutama jika program ini diberlakukan untuk seluruh sekolah dan daerah di Indonesia. Karena, tidak semua pelajar adalah pemeluk agama islam.

Mau Kuliah dengan Beasiswa? Klik Disini

Penulis : Handayani
Sumber : Tempo.co

TerPopuler