Kenal Lebih Jauh dengan Bahtera Seva, Bank Apung Kebanggaan Halmahera

Kenal Lebih Jauh dengan Bahtera Seva, Bank Apung Kebanggaan Halmahera

Jumat, 29 Maret 2019, 11.23


Mempunyai wilayah dengan 80 persennya laut, jadi pekerjaan rumah tersendiri bagi pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara. Salah satu masalah yang paling mendasar adalah konektivitas.

Menyadari hal tersebut, Bank BRI sebagai bank BUMN ingin menjadi terdepan dalam memberikan pelayanan utamanya bagi pulau-pulau dengan kondisi seperti ini.

Caranya dengan mengoperasikan Teras BRI Kapal Bahtera Seva III pada 2016 silam di kepulauan Halmahera Selatan. Memasuki tahun ketiga, sejumlah layanan telah diberikan dan segenap manfaat makin terasa, khususnya di daerah operasi mereka, yaitu Pulau Bacan (homeport), Pulau Batang Lomang, Mandioli, Madapolo, Pasipalele, Saketa, Kayoa, lalu kembali lagi ke homeport setiap Selasa hingga Jumat.

"Kapal Bahtera Seva ini melayani masyarakat di wilayah 3 T. Tentu ini merupakan wujud BRI sebagai BUMN yang tidak hanya mencari keuntungan semata tapi menciptakan nilai-nilai di masyarakat," kata Kepala Cabang BRI Ternate, Muchammad Rizal di Labuha, Pulau Bacan, Senin (4/3/2019)

Pihak BRI mengaku tujuannya pun lebih dari sekadar pelayanan perbankan kepada masyarakat, tetapi juga ingin menjadi bagian dari penggerak ekonomi. Terlebih dengan kondisi 95 persen penduduk Halmahera berdiam di pesisir.

"Sehingga masyarakat di Halmahera di pesisir pantai tidak lagi merasa dianaktirikan dan berkecil hati. Tentu ini pengaruhnya luar biasa untuk perekonomian kita karena mereka bisa menikmati fasilitas kredit yang memberikan efek domino dan tentunya pertumbuhan ekonomi pun semakin maju," tukas pimpinan kantor cabang pembantu BRI Labuha Halmahera Selatan, Erys P Saragih.

Tak heran dengan aksi jemput bola seperti ini, masyarakat di 6 kepulauan tersebut selalu antusias jika kapal ini datang. Mereka mengaku tidak perlu lagi jauh-jauh lagi ke Labuha atau Ternate untuk transaksi dan mengambil uang yang memakan waktu tempuh sehari semalam.

"Memang sebelum adanya kapal ini kita ke Ternate kalau ada ombak kita punya maksud tertunda. Makanya adanya BRI kita terbantu sekali kita juga bangga dengan adanya BRI di sini," kata pengusaha hasil bumi, Djalil Muhammad Amin (65).

Malahan, dari pantauan detikFinance, saking terlalu penuh, teller dan costumer service BRI terpaksa harus menambah jam operasional mereka.

Lebih dari itu, uang di ATM juga hampir selalu habis sebelum sampai ke tujuan akhir padahal sudah berisi miliaran rupiah. Oleh karena itu, tak heran mereka beramai-ramai memohon agar Teras BRI Kapal Bahtera Seva III menambah waktu layanan mereka tidak hanya setiap seminggu sekali.

"Dulu semua orang maunya tunai sekarang mereka sudah punya tabungan jadi tinggal transfer Rp 30-20 juta nggak perlu banyak. Sudah makanya yang utama itu bangun ATM di sini BRI," ucap pengusaha pala ekspor, Sri Wahyuni sambil tertawa.

Bukan cuma layanan perbankan yang ada di dalam kapal ini. Tersedia beberapa fasilitas lainnya yang membuat banyak kebermanfaatan bagi warga di 6 pulau tersebut. Fasilitas yang paling digemari adalah perpustakaan serta Samsat yang merupakan satu-satunya di Indonesia dan diresmikan oleh Kapolri Jendral Polisi Tito Karnavian .

"Di Teras kapal BRI ini kami membuka pelayanan Samsat apung. Dibuka pertama kali oleh Bapak Kapolri dan bekerja sama dengan Direktorat Lalu Lintas, Bank BRI dan Badan Pendapatan Daerah. Adapun pelayanan yaitu pelayanan pajak tahunan dan di samping itu kita bisa membantu mendapat pelayanan lainnya," tutur Brigpol Wahyudi hidayat dari Dirlantas Polda Malut kepada detikcom di Madapolo.

Kapal Bahtera Seva III memang selalu padat dengan beragam aktivitas, seperti perbankan dan Samsat. Tak ketinggalan juga puluhan anak-anak SD yang selalu berkunjung ke perpustakaan kapal ini jika kapal singgah di 6 pulau tersebut. Para mantri BRI pun senantiasa mendampingi anak-anak memilih buku serta memberikannya secara gratis. Tak heran, kapal ini menjadi kapal favorit sekolah-sekolah.

"Mereka kenalnya kapal bank. Jadi setiap pulang sekolah mereka ke sana beramai-ramai," kata guru kelas 5 SDN 4 Kayoa Halmahera Selatan.
Kenal Lebih Jauh dengan Bahtera Seva, Bank Apung Kebanggaan Halmahera.

Perubahan positif di masyarakat ini turut disyukur Pemda Halmahera Selatan. "Merupakan berkah adanya Seva karena BRI memiliki terobosan memperhatikan kondisi kewilayahan khususnya di bagian Indonesia timur yg bercirikan kepulauan. Kami sangat terbantu sekali kapal Teras BRI untuk bisa melayani karena sifatnya mobile bisa menyinggahi hampir di seluruh kecamatan tanpa masyarakat harus datang ke Labuha," papar Sekretaris Daerah Helmi Surya Botutihe.

Diakui masyarakat segala layanan yang ada di kapal Bahtera Seva III sangat bermanfaat bagi mereka. Tanpa disadari juga telah banyak mengubah pola ekonomi mereka yang semula menabung di dalam tanah kini sudah ada bank sehingga uang mereka sudah ada di dalam satu kartu ATM. Masyarakat juga sudah mulai berani untuk meminjam kredit yang jumlahnya bahkan bisa ratusan juta karena terus menerus naik kelas dan usaha mereka berkembang pesat.

Sementara yang lainnya mencoba peruntungan dengan menjadi agen BRILink yang membuat taraf ekonomi mereka naik berkali lipat. Maka wajar saja segala capaian berkat layanan Teras BRI Kapal Bahtera Seva III membuat semua sejahtera dan jadi kebanggaan Halmahera.

Kuliah Beasiswa..?? Klik Disini

Gambar : Detik.com
Sumber : Detik.com

TerPopuler