Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Impor Bawang Putih Berpotensi Timbulkan Ekonomi Rente

Pemerintah ambil tindakan impor bawang putih sebesar 100.000 ton dari China sebagai upaya stabilitas harga. Image : Sindonews.com Netiz...

Pemerintah ambil tindakan impor bawang putih sebesar 100.000 ton dari China sebagai upaya stabilitas harga. Image : Sindonews.com

Netizen Indonesia - Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Sugiyono Madela mengatakan, rencana pemerintah untuk melakukan impor bawang putih berpotensi menimbulkan ekonomi rente yang hanya menguntungkan segelintir pihak.

Ekonomi rente adalah kerja sama saling menguntungkan antara oknum pengusaha yang menyediakan modal dengan oknum penjabat.

Ia mengatakan, jika impor hanya dilakukan pemerintah, menurutnya dapat membuat persaingan usaha menjadi tidak kompetitif serta dapat membuat produk bagus dari luar terhambat masuk ke dalam negeri. Selain itu, kondisi ini dapat membuat kesempatan swasta dalam melakukan impor dan bersaing secara sehat menjadi terbatas.

Menurut Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani mengatakan, agar kebijakan impor bawang putih tidak sampai menyebabkan terjadinya monopoli. Oleh sebab itu, ia berharap swasta bisa mendapatkan kesempatan yang serupa dan adil. Ditambah, Rekomendasi Impor Produk Hortikultural (RIPH) untuk bawang putih banyak yang belum keluar.

Mau Kuliah dengan Beasiswa? Klik Disini

Penulis : Handayani
Sumber : Cnnindonesia.com

Reponsive Ads