Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Deputi BI : Tekan Defisit Neraca Pembayaran Jadi Solusi Pengurangan Utang Luar Negeri Indonesia

Deputi BI Mirza Adityaswara. Image : Medcom.id Netizen Indonesia - Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Mirza Adityaswara mengaku, sa...

Deputi BI Mirza Adityaswara. Image : Medcom.id

Netizen Indonesia - Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Mirza Adityaswara mengaku, salah satu solusi pengurangan utang luar negeri adalah dengan menekan defisit neraca perdagangan.

Menurut Mirza, kalau Indonesia dapat mengendalikan defisit neraca perdagangan maka pembiayaan luar negeri untuk ekonomi Indonesia dapat lebih kecil.

Sampai saat ini utang Indonesia dibatasi yakni tidak boleh lebih dari 60 persen dari pendapatan domestik bruto dan ini mengacu kepada standar yang dipakai Uni Eropa.

Mirza menjelaskan alasan kenapa Indonesia harus berutang ke luar negeri karena dana dalam negeri tidak cukup, jika dijumlahkan total dana yang dimiliki perbankan di dalam negeri baru 33 persen dari total ekonomi Indonesia.

Saat ini utang luar negeri Indonesia berada tingkat yang normal, tetapi yang menjadi perhatian adalah harus dibayar dengan valuta asing. Oleh karena itu, utang luar negeri sebaiknya harus menghasilkan aktivitas ekspor agar menghasilkan valuta asing.

Mau Kuliah dengan Beasiswa? Klik Disini

Penulis : Handayani
Sumber : Merdeka.com

Reponsive Ads