Sri Sultan HB X : Praktek Politik Uang Diakibatkan Rendahnya Pengawasan Peserta Pemilu

Sri Sultan HB X : Praktek Politik Uang Diakibatkan Rendahnya Pengawasan Peserta Pemilu

Sabtu, 23 Februari 2019, 14.44
www.uhamka.ac.id/reg
www.uhamka.ac.id/reg

Netizen Indonesia - Sri Sultan HB X Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjelaskan, praktek politik uang yang sampai sekarang terjadi diakibatkan oleh rendahnya pengawasan, sehingga peserta pemilu dapat lebih leluasa melakukan praktek politik uang. Hal tersebut harus di ubah dalam pemilu yang akan datang.

Pemilu memiliki peran sentral namun masyarakat masih menganggap hal tersebut wajar. Tetapi, menurut Sultan, politik uang bisa saja merusak sendi kehidupan masyarakat. Sebab politik uang adalah praktek politik ilegal dalam pemilihan umum yang sangat meremehkan pemilih. Politik uang kejahatan yang luar biasa karena dapat membahayakan demokrasi ke depan.

Sultan juga menambahkan, gerakan anti politik uang dalam pemilu harus didukung karena undang-undang sudah menegaskan tidak diperbolehkannya politik uang. Sehingga, tidak ada kata lain gerakan ini harus menyatakan dukungan terhadap gerakan politik uang ini.

Oleh karena itu, Sultan pun berharap semua pihak harus bisa bertahan terhadap godaan politik uang yang datang dari pihak-pihak yang berkepentingan. Semua pihak harus berkomitmen untuk menolak dan melawan politik uang. Sebab itu, gerakan politik uang harus diusut tuntas karena merupakan racun demokrasi.

Mau Kuliah dengan Beasiswa? Klik Disini

Penulis : Handayani
Sumber : Kumparan.com
Image : Tempo.co

TerPopuler