Rencana Jokowi untuk Menaikkan HPP Gula

Rencana Jokowi untuk Menaikkan HPP Gula

Jumat, 08 Februari 2019, 01.32

Netizen Indonesia - Rencana Presiden Joko Widodo untuk menaikkan Harga Pokok Pembelian (HPP) gula dari yang saat ini Rp 9.700 per kg. Tetapi Ketua Umum Andalan Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) mengusulkan untuk menaikkan harga eceran terendah dikisaran Rp 10.500 dan tertinggi Rp 12.500.

Menurut Ekonom Senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Nawir Messi menjelaskan, Jokowi seharusnya dapat menimbang kembali rencana untuk menaikkan HPP gula, sebab hal ini di rasa hanya akan menguntungkan salah satu pihak. Karena pabrik yang sangat efisien dari biaya pokok hanya Rp 4.000 sampai kurang dari Rp 5.000 per kg, sedangkan pabrik yang tidak efisien biaya pokoknya Rp 10.000 lebih.

Menurut mantan Ketua Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU)  tersebut,  seharusnya pemerintah lebih fokus untuk melindungi para petani tebu yang kebanyakan pabriknya tidak efisien.

Rencana Pemerintah untuk menaikkan HPP gula didapat setelah Jokowi mendengar keluhan para petani tebu terkait HPP yang dinilai lebih rendah dibandingkan harga produksi.

Mau Kuliah dengan Beasiswa? Klik Disini

Penulis : Handayani
Sumber : Kumparan.com
Image : Tempo.co

TerPopuler