Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Gelar Pelatihan, LPPM UHAMKA Tingkatkan Belajar Siswa

image: koranmu.com Netizen Indonesia - Lembaga Pemberdayaan dan Pengabdian masyarakat (LPPM) UHAMKA menggelar program pelatihan bert...


image: koranmu.com

Netizen Indonesia - Lembaga Pemberdayaan dan Pengabdian masyarakat (LPPM) UHAMKA menggelar program pelatihan bertajuk “Pembuatan dan Penggunaan Rubrik untuk Penilaian dan Peningkatan Belajar Siswa” yang dilaksanakan di SMPN 135 Jakarta pada Februari 2019.

Program yang diikuti oleh para guru dan mahasiwa ini bertujuan untuk mengembangkan pemahaman konseptual dan keterampilan pembuatan rubrik penilaian.

Dosen Sekolah Pascasarjana UHAMKA Siti Zulaikha mengajak para peserta untuk berlatih membuat rubrik penilaian agar guru dapat menyelaraskan objektifitas dan tujuan pembelajaran. Ia memberikan penjabaran mengenai pengenalan, fungsi, jenis, dan cara pembuatan rubrik penilaian.

“Ketetapan dan kesesuaian pembuatan rubrik penilaian berpengaruh terhadap peningkatan kualitas kinerja pembelajaran siswa dan guru,” ungkapnya.

Siti Zulaikha menyampaikan evaluasi dalam bidang Pendidikan menjadi aspek utama untuk menilai keberhasilan suatu pembelajaran. Penilaian tersebut harus bersifat objektif berdasarkan bukti empiris hasil kerja siswa.

Dalam melaksanakan penilaian objektif, guru diwajibkan untuk memiliki rubrik penilaian dan rubrik tersebut digunakan sebagai dasar penentuan skor hasil kinerja siswa. Namun faktanya, guru seringkali kesulitan untuk menyusun butir-butir instrumen dan mengembangkan rubrik penilaian. Padahal ketepatan penyusunan, pembuatan, dan pengimplementasian rubrik penilaian memiliki dampak positif untuk perkembangan kinerja pembelajaran siswa dan guru.

Dengan adanya program pelatihan ini diharapkan guru dapat memahami cara penyusunan dan pembuatan rubrik yang berguna dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.


Sumber: Koranmu.com



Reponsive Ads