Tiga Anak Pengidap HIV di Samosir Tidak Mendapat Perlindungan, KPAI:Sangat Tidak Manusiawi

Tiga Anak Pengidap HIV di Samosir Tidak Mendapat Perlindungan, KPAI:Sangat Tidak Manusiawi

Jumat, 26 Oktober 2018, 15.00
Tiga Anak Pengidap HIV di Samosir Tidak Mendapat Perlindungan, KPAI: Sangat Tidak Manusiawi Tiga Anak Pengidap HIV di Samosir Tidak Mendapat Perlindungan, KPAI: Sangat Tidak Manusiawi (image: lifestyle.kompas.com)[/caption]

Berita24 - Tiga anak dengan inisial H (11), SA(10), dan S(7) yang terkena Human Immunodeficiency Virus atau HIV di Kabupaten Samosir tidak mendapat perlindungan.

“KPAI sangat menyayangkan sikap Pemerintah Kaupaten Samosir dan jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, serta masyarakat yang tidak melindungi ketiga anak korban. Tetapi malah melakukan diskriminasi, memberhentikan dari sekolahnya dan bahkan akan di kucilkan dengan cara ditempatkan di hutan Parlilitan. Hal ini merupakan pelanggaran terhadap hak anak dan HAM, dan sangat tidak manusiawi,” ujar Retno Listyarti Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Kamis (25/10).

Menurut Retno Listyarti kejadian ini dapat berdampak berat pada psikologis dan kondisi kesehatan ketiga anak tersebut.

KPAI juga menyayangkan keputusan wakil bupati Samosir serta OPD terkait ketiga anak tersebut melanjutkan pendidikan home schooling karena home schooling membutuhkan pendampingan dan peran orang tua sedangkan ketiga anak tersebut sudah tidak memiliki orang tua.

KPAI mendorong Kemendikbud, Pemprov Sumatera Utara, Pemkab Samosir, dan masyarakat untuk melindungi dan memenuhi hak anak tersebut.

Mau dapat beasiswa S1 sampai lulus? Yukkk cek DISINI

Penulis  : Mega Anisa Suandi
Sumber : viva.co.id | detik.com
Image   : lifestyle.kompas.com

TerPopuler